Profil Desa

http://sumberrejowawaykarya-lampungtimur.desa.id/file/logo/lamtim.png

     

SEJARAH DESA KU

Atas penuturan pelaku sejarah dan saksi hidup dari warga Sumber Rejo, pada awalnya desa Sumber Rejo adalah merupakan wilayah dalam desa bungkuk kecamatan Jabung yang menjadi areal peladangan yang pada waktu itu desa Bungkuk di pimpin oleh seorang Kepala Kampung yang bernama Abdul Manaf. Kemudian pada tahun 1975 Kepala Kampung didatangi oleh seseorang yang bernama Unang Efendi  dan meminta areal untuk dibuat perkampungan. Akhirnya Kepala Kampung Bungkuk menyepakati dan memberi wilayah perkampungan tersebut di seberang sungai batanghari yang kemudian diberi nama Kampung Pematang Tayas.

Selanjutnya Bapak Unang Efendi membawa rombongan yang sebagian berasal dari Kecamatan Padang Ratu dan sebagian lagi dari Kecamatan Sukoharjo, hijrah ke kampung Pematang Tayas untuk membuka lahan yang saat itu masih berupa hutan belantara. Setelah semakin lama semakin banyak pendatang yang ikut dalam perkampungan itu, pada tahun 1977 dibentuklah salah satu pemerintah yang disebut Dusun. Pada awalnya terdiri dari tiga dusun yaitu Dusun Pematang Tayas, Dusun Karang Anom, dan Dusun Sukamanah, dan pada tahun 1981 bertambah satu dusun lagi yaitu Dusun Purwodadi.

Dengan bertambahnya jiwa dan KK dari tahun ke tahun, akhirnya pada tahun 1988 dari empat dusun yang ada pada waktu itu sepakat untuk memisahkan diri dari Desa Bungkuk menjadi desa Persiapan yang diberi nama Desa Persiapan Sumber Rejo. Sampai pada akhirnya pada tanggal 10 April 1994 desa Sumber Rejo berubah status menjadi desa definitif yang dipimpin oleh Bapak Suryadi sebagai Kepala Desa Pertama hasil dari Pemilihan masyarakat. Topografi desa Sumber Rejo pada Waktu itu adalah :

  1. Luas wilayah seluruhnya 2.150 hektar;
  2. Jumlah KK sebanyak 1.112 KK dan 4.256 jiwa;
  3. Batas-batas desa;
  • Utara : Desa Mekar Karya
  • Timur : Desa Bungkuk, Sungai Batanghari, Desa Marga Batin
  • Selatan : Desa Sidorahayu dan Desa Sukamaju lampung selatan
  • Barat : Desa Ngesti Karya.

Seiring dengan perubahan penduduk, masih dalam masa pemerintahan Bapak Suryadi dipisahlah dusun Sukamanah, Purwodadi, dan Bangun Sari menjadi Desa Sumber Jaya pada bulan Maret 1998, sehingga topografi desa Sumber Rejo berubah menjadi:

  1. Luas wilayah seluruhnya 1.633 hektar;
  2. Jumlah KK sebanyak 1.457 KK dan 5.829 Jiwa
  1. Batas-batas Desa:
  • Utara : Desa Mekar Karya
  • Timur : Desa Bungkuk, Sungai batanghari, Desa Sumber Jaya
  • Selatan : Desa Sukamaju Lampung Selatan
  • Barat : Desa Ngeti Karya.

Pada bulan Nopember 1998, terjadi huru-hara yang mengakibatkan Kepala Desa Suryadi harus meninggalkan desa Sumber Rejo, yang kemudian masa kerjanya dilanjutkan oleh Penjabat Sementara yaitu Bapak Undang Dayat dengan jumlah dusun sebanyak sembilan dusun yaitu dusun Sumber Rejo I, Sumber Rejo II, Jadi Mulyo, Karang Anom I, Karang Anom II, Karang Rejo, Jagabaya, Bangun Jaya, dan Bangun Rejo. Pada bulan maret 2003 setelah berakhirnya masa Jabatan Bapak Undang Dayat, dilaksanakanlah Pemilihan Kepala Desa dan yang terpilih sebagai Kepala Desa adalah Bapak Kaderi.

Pada bulan mei 2005 dengan berbagai pertimbangan, Dusun Karang I, Karang Anom II, Jagabaya, dan Karang Rejo dimekarkan menjadi Desa Karang Anom sehingga Desa Sumber Rejo tinggal terdiri dari 5 dusun dan 24 Rt. Keadaan topografi desa sumber Rejo setelah pemekaran desa Karang Anom adalah :

  1. Luas wilayah seluruhnya 1.058 hektar;
  2. Jumlah KK sebanyak 1.158 dan 4.021 jiwa;
  3. Batas-batas Desa :
  • Utara : Desa Mekar Karya
  • Timur : Desa Bungkuk, sungai batanghari.
  • Selatan : Desa Karang Anom
  • Barat : Desa Karya Basuki.

Masih dalam pemerintahan Bapak Kaderi, guna mempermudah rentang kendali, dusun Sumber Rejo II dimekarkan  menjadi dua dusun yaitu dusun Mekar Sari sehingga menjadi 6 dusun. Masa pemerintahan Bapak Kaderi berakhir pada bulan Mei 2009, Untuk mengisi kekosongan pemerintahan Desa diisi oleh Sekretaris Desa selama dua tahun yang merangkap jabatan menjadi Penjabat Kepala Desa sampai dengan adanya Pemilihan Kepala Desa terpilih.

Pada bulan desember 2011 setelah diadakan pemilihan kepala Desa terpilihlah Bapak Kaderi sebagai kepala desa sampai dengan saat ini.

Demikian Legenda sejarah Desa Sumber Rejo yang dapat disampaikan berdasarkan dari narasumber yang ada dan semoga dapat bermanfaat.

Sumber Rejo ,   14 Juli  2016

Penyusun     :Tim Pokja Perencanaan Desa Sumber Rejo 2016

Nara sumber :

Bapak Undang Dayat,

Profil Desa

Monografi Desa