Kegiatan Rembuk Stungting dan Sosialisasi Kesehatan

  • 31 August 2019
  • Dibaca: Pengunjung
http://sumberrejowawaykarya-lampungtimur.desa.id/upload/2019/08/kaderi.jpg

Sumber Rejo,selasa (27-08-2019), Guna untuk melakukan penanganan dan pencegahan stunting di Desa Sumber Rejo , Pemerintah Desa Sumber Rejo  melalui Dinas Kesehatan  mengadakan rembuk stunting dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi. Rembuk dibuka oleh  Bapak Kaderi Selaku Kepala Desa Sumber Rejo , Kegiatan ini  berlangsung di  Balai Desa Sumber Rejo yang dihadiri oleh Ketua BPD,Ketua LPM,Bidan Desa,Kader Kesehatan ,Guru Paud,Kasi/Kaur,TP.PKK,Kepala Dusun dan RT, Selasa (27/09/2019).

gambar 1.1. peserta yang adir

Dalam sambutanya Bidan Desa menyampaikan “stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya. Akibat terburuk nya adalah perkembangan dan pertumbuhan otak anak, sehingga kecerdasan anak tidak maksimal”.

gambar 1.2. bidan desa menyampaikan sambutan

rembuk stunting adalah upaya untuk memantapkan langkah – langkah nyata menghadapi pencegahan  adanya  stunting di Desa Sumber Rejo. “Penyebab Stunting antara lain, praktek pengasuhan yang tidak baik, terbatasnya layanan kesehatan termasuk layanan ANC (Ante Natal Care), pembelajaran dini yang kurang berkualitas, kurangnya akses ke makanan bergizi serta kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi. untuk menanggulangi Stunting ini lakukan beberapa upaya dengan melakukan “Intervensi Gizi Spesifik” seperti intervensi dengan sasaran ibu hamil, intervensi dengan sasaran ibu menyusui dan anak usia 0-6 bulan serta intervensi dengan sasaran ibu menyusui dan anak usia 7-23 bulan.